Sabtu, 09 Mei 2009

AMAZING WOMEN


Anda pasti kenal siapa Thomas Alfa Edison. Dialah sang penemu banyak hal baru. Lampu pijar adalah penemuan terbesarnya sepanjang sejarah umat manusia. Tahukah Anda bahwa ia dikeluarkan dari sekolah karena dianggap mengalami learning disability ? Tahukah Anda bahwa ketika menciptakan lampu pijar, Thomas Alfa Edison adalah seorang tuna rungu? Jika semua fakta di atas Anda ketahui,barangkali fakta terakhir yang justru sangat penting ini jarang sekali diketahui orang. Tahukah Anda siapakah orang yang menginspirasi Thomas Alfa Edison untuk terus menemukan hal-hal baru Orang yang berjasa membesarkan hati seorang anak tuli yang dianggap bodoh sehingga ia bisa menjadi salah satu penemu terbesar dalam sejarah umat manusia ?

Orang itu adalah Nancy Elliot ..

Siapakah Nancy Elliot ?
Ia adalah ibu kandung Thomas Alfa Edison. Nancy bukanlah seorang psikolog, ilmuwan, atau seorang penemu. Ia hanyalah seorang ibu rumah tangga biasa yang sangat menyayangi putranya. Tahukah Anda bagaimana cara Nancy membesarkan puteranya sehingga menjadi salah satu penemu terbesar sepanjang sejarah?

Sejak kecil Nancy selalu membesarkan hati anaknya dengan mengatakan " Thomas, kamu adalah anak yang hebat, Nak ! Kamu selalu bisa menemukan jawabannya". Ketika Thomas Alfa Edison berhasil menemukan jawaban atas suatu pertanyaan dengan caranya sendiri,
Nancy selalu bertanya dengan antusias, " Bagamana caramu menemukan jawabannya ? "
dan setelah Thomas Alfa Edison selesai menerangkan caranya menemukan jawaban Nancy akan segera memeluk anaknya sambil mengatakan " Kamu memang anak kebanggaan Mama, Nak ! "

Seringkali Thomas Alfa Edison menanyakan pertanyaan-pertanyaan sulit pada ibunya,
Nancy dengan jujur dan bijak mengatakan pada putra tersayangnya " Mama tidak tahu tahu jawaban atas semua yang kamu tanyakan itu, tapi akan Mama cari tahu siapa orang yang tahu dan bisa menjawab pertanyaanmu itu". Setiap kali kali Nancy tidak bisa menjawab pertanyaan putranya, ia akan mengajak Thomas Alfa Edison berkeliling kota mencari orang atau buku-buku yang bisa menjawab pertanyaan tersebut.

Suatu ketika mereka tidak menemukan orang yang tahu maupun buku yang bisa menjawab pertanyaan Thomas Alfa Edison. Dengan kebijaksanaan yang luar biasa, Nancy Elliot mengatakan pada putranya " Thomas anakku sayang, ternyata tak seorangpun dan tak satu bukupun yang bisa menjawab pertanyaanmu. Itu artinya, KAMUlah yang ditakdirkan oleh Tuhan untuk menjawab pertanyaan itu. Berusahalah Nak, Mama yakin kamu pasti BISA !"

Kata-kata inilah yang selalu menginspirasi Thomas Alfa Edison untuk terus-menerus melakukan percobaan-percobaan dan penemuan-penemuan baru. Kata-kata ini pulalah yang membuatnya terus bersemangat melakukan 999 kali percobaan yang gagal hingga akhirnya pada percobaan ke 1000 Thomas Alfa Edison berhasil menemukan jenis logam yang tepat
untuk satu penemuan terbesar dalam sejarah umat manusia - LAMPU PIJAR ...

Disarikan dari acara " In donesia Strong from Home" bersama Ayah Edi-Strong from home adalah program selingan di SMART FM. Opening statement program ini cukup bagus :
Tanggung jawab terbesar terhadap pendidikan anak sebenarnya ada pada orangtua
Sekarang jika orang tua lengah, maka tanggung jawab ini bisa diambil alih oleh lingkungan. Maka sekarang saatlah saatnya mengambil kembali tanggung jawab tersebut, menjadikan rumah dan keluarga sebagai pilar utama kekuatan Indonesia-" Indonesia Strong from Home"

1 komentar: